Selasa, 27 Agustus 2019

Download ebook Ahmad Tohari - Senyum Karyamin

| Selasa, 27 Agustus 2019

Senyum Karyamin merupakan kumpulan cerpen karya Ahmad Tohari dari tahun 1980 an. Dalam buku kumpulan cerpen ini mengungkapkan kehidupan pedesaan yang penuh kesederhanaan. Di antara kesederhanaan kehidupan di desa itu terselip pesan-pesan serta kritik dari pengarang. Kumpulan yang terdiri dari 13 cerita di dalamnya yang seolah kita bisa melihat wajah Indonesia yang sebenarnya yang jarang dijamah oleh pengarang lainnya.
Kisah-kisah di dalamnya menceritakan tentang orang yang selalu tersenyum dalam menghadapi semua masalah yang dihadapinya (“Senyum Karyamin”). Kisah tentang arti kesetiakawanan yang termuat dalam cerpen (“Jasa-jasa Buat Sanwirya”) dan (“Ah, Jakarta”). Cerita yang bertema persahabatan dalam cerita (“Surabanglus”), Kisah yang menunjukkan keluguan orang-orang desa berpikir tentang pernikahan usia dini (“Si Minem Beranak Bayi”),  Tentang kesombongan seseorang yang membawa keburukan (“Tinggal matanya berkedip-kedip”) dan (“Kenthus”). Cerita seorang manusia yang memiliki keterbatasan mental namun mendapatkan kebaikan dari orang-orang disekitarnya yang terdapat pada cerpen (“Blokeng”) dan (“Wangon Jatilawang”),  kisah yang menceritakan akibat dari kebiasaan (“Orang-orang Sebrang Kali”),  cerita tentang orang yang mencari cahaya untuk akherat (“Rumah yang Terang”), kemudian tentang budaya daerah (“Syukuran Sutabawor”), dan kisah seorang pengemis yang menggunakan shalawat badar untuk mencari nafkah (“Pengemis dan Sholawat Badar”).
Pembawaan yang sederhana membuat cerpen-cerpen Ahmad Tohari menjadi tidak berat, enak untuk dinikmati tetapi tetap sarat akan pesan-pesan. Pesan-pesan moral di dalamnya dapat diambil sebagai pegangan hidup.
Selamat menikmati.
Selamat membaca.


Silahkan Download :



Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar