Kamis, 20 Februari 2020

Dowdnload Buku Catatan Juang - Fiersa Besari

| Kamis, 20 Februari 2020


Catatan Juang merupakan novel karangan penulis asal Bandung, Fiersa Besari. Meskipun tegolong sebagai penulis baru, namun novel-novel beliau selalu ramai pembaca.Terbit pertama kali pada tahun 2017. Novel ini bercerita tentang perjalanan sebuah buku harian milik laki-laki yang kemudian diketahui  bernama Juang Astrajingga dengan seoarang gadis yang dalam kebimbangan menentukan jalan untuk mengejar cita-citanya.


Awal  cerita berawal dari seorang gadis yang bernama Suar yang menemukan sebuah buku bersampul merah di angkutan umum. Suar adalah seoarang gadis yang sedang muak dengan rutinitasnya sebagai pegawai kantoran. Wajar saja, karena pegawai kantoran bukanlah cita-citanya. Alasan perekonomian keluarga lah yang membuat Suar beralih jalur yang tadinya bercita-cita menjadi Cinemas menjadi seoarang penjual jasa asuransi.


Dihalaman pertama buku tersebut tertulis “Seseorang yang akan menemani langkahmu dengan satu kebaikan kecil setiap harinya”. Suar yang penasaran tentang pemilik buku  tersebut kemudian mencari tahu dengan membuka halaman-halaman buku tersebut. Bukannya identitas pemilik buku yang ia temukan, ia mendapati tulisan-tulisan yang membuat ia tertohok karena seakan-akan kalimat-kalimat di buku tersebut menyindir dirinya yang menjadi seorang pengecut untuk merelakan impiannya hilang dan hanya menjadi pesuruh di kantoran. Suar makin penasaran, alih-alih mencari tahu pemilik buku, ia malah ketagihan membaca kalimat-kalimat di buku tersebut.


Selain memiliki konflik batin dengan pekerjaan yang sedang ia jalani, Suar juga memiliki kisah asamara yang tak kalah rumit. Kekasihnya yang lebih memilih kembali dengan mantannya dan meninggalkan suar yang dalam keadaan terpuruk adalah juga rekan satu kantor. Hal ini pula yang membuatnya semakin tidak betah di kantor. Kinerja suar yang tadinya di eluh-eluhkan sebagai pegawai teladan terjun bebas. Bos yang tadinya selalu memujinya sebagai aset berharga perusahaan, seketika berubah menjandi monster yang setiap hari memaki-makinya.


Ditengah kegundahannya, Suar semakin penasaran dengan kalimat-kalimat yang ada di buku bersampul merah milik juang yang dalam buku tersebut menyebut dirinya Laki-laki Jingga.Buku tersebut seakan menjadi obat yang paling manjur di tengah kegundahan hatinya. Suar yang tadinya merasa tidak sopan untuk membuka buku harian milik orang lain tersebut malah semakin tidak bisa berhenti membaca kata demi kata  dari tulisan tangan Juang yang rapi.


Semakin jauh membaca buku bersampul merah, perasaan ingin melepaskan diri dari penjara pekerjaannya semakin menjadi.Satu-satunya alasan yang masih mehalanginya adalah keluarganya. Suar khawatir jika ia keluar dari pekerjaanya, ia tidak bisa membantu ekonomi keluarganya. semantara ayahnya yang sudah tidak bisa bekerja lagi karena terkena stroke ringan.Setelah meng khatamkan beberapa halaman, Suar merasa sudah saatnya ia memantapkan niatnya untuk keluar dari neraka pekerjaan. Dan benar saja, hari itu adalah hari senin yang konon adalah siksaan bagi manusia yang hidup di kota-kota besar menjadi hari siksaan terakhir bagi suar yang belakangan menyadari bahwa bukanlah hari seninnya yang salah, melainkan rutinitas yang dijalani.Hari itu, Suar menemui Bos nya dan mengutarakan bahwa dia mengundurkan diri dari pekerjaannya. Bukan hanya Bos nya yang terkejut, sang mantan yang sekarang sudah merasa tidak nyaman lagi dengan kekasihnya tersebut sempat membujuk suar agar tidak keluar dari pekerjaannya. Tetapi rupanya  tulisan tangan Juang lebih kuat dari bujukan sang mantan dan rekan-rekan kerjanya.

Download Bukunya ada di bawah ini

Related Posts

1 komentar: