Jumat, 13 Agustus 2021

Download CInta Paling Rumit - Boy Candra

| Jumat, 13 Agustus 2021

 


Dari sudut kota yang jauh. Perasaan kepadamu tetaplah hal yang utuh. Sebab kamu bagian dari rencana-rencana besarku. Bagian penting dari hal-hal yang kumiliki dalam hidupku. Maka, bertahanlah di sana tanpa rasa curiga. Tanamkan dalam dadamu apa yang aku perjuangkan sepenuh jiwa.

Bersabarlah di sana, biar kukembangkan lebih lebar lagi sayapku di sini. Semoga tidak lama lagi semesta memisahkan kita. Agar segala yang membuatmu cemas dan ragu bisa tiada.

Pada awal mengetahui kalau boy candra akan menerbitkan buku baru, tebakan saya akan mirip-mirip seperti buku senja hujan atau sebuah melupakan karena judulnya yang mirip-mirip seperti itu. Tapi ternyata saya dibuat terkecoh dengan judulnya “Cinta Paling Rumit”. Buku ini gak melulu tentang cinta anak remaja yang terpendam, bertepuk sebelah tangan, dan semacamnya yang biasa dibahas penulis. Kali ini beda! Saya saja kaget dibuatnya, apalagi kamu 

Oke, sebelumnya harus dijelaskan terlebih dahulu bahwa buku ini bukan novel atau kumpulan tulisan-tulisan puitis ala boy candra. Buku ini adalah kumpulan cerpen tentang cinta. Lho? katanya gak melulu tentang cinta. Iya bentar dulu, cinta disini diartikan oleh penulis lebih luas lagi. Ada cinta kepada orang tua, idealisme, impian, keadilan, dll.

Cerpen pertama yang dinamakan sama seperti judul buku, “Cinta Paling Rumit”, memang temanya tentang cinta pada umumnya. Si A suka sama si B tapi si B gak sadar dan malah suka sama si C dan ternyata ada si D yang diam-diam juga suka sama si A. Kebayang teorinya? hehe Nah, cerpen selanjutnya mulai lagi bergeser. Dan ini yang mulai membuat saya terkejut dan semakin menikmati tema segar yang ditawarkan penulis. Lembar demi lembar saya lahap tanpa jeda dan saya semakin suka dengan tema-tema yang ditawarkan. Benar-benar kekinian! Ada isu politik, minat pembaca di indonesia, royalti penulis, hingga yang paling ekstrem tentang seseorang yang bunuh diri karena patah hati dan divideokan. Wow!!! sungguh-sungguh saya dibuat menggeleng-gelengkan kepala. Sepertinya penulis mulai merasa harus bereksplorasi dengan tema yang lain. Dan ini yang membuat saya makin memfavoritkan penulis ini.

Kalimat demi kalimat yang ditulis boy candra berhasil membuat saya hanyut dalam keindahannya dan penggambarannya yang begitu nyata. Jujur saja, saya agak kecewa dengan novel “Seperti Hujan Yang Turun Ke Bumi” karena kalimat-kalimat yang ditawarkan lebih menekankan puitisnya dibanding pengolahan emosi pembacanya dan konfliknya pun terkesan datar. Nah disini, sudah berkembang gaya tulisannya, alur konflik yang kompleks, twist ending dan saya mulai merasakan emosi yang kuat ketika membacanya. Bahkan, ada yang mampu berhasil membuat saya bergidik ngeri sekaligus ngilu dengan penggambaran bunuh diri di cerpen “Ashiran Munak Penulis Yang Mati Bunuh Diri Itu Adalah Kekasihku”.

Dan, cerpen terbaik dari yang paling baik di buku Cinta Paling Rumit ini adalah “Di Kedai Kopi Cepat Saji Ibu Kota Itu”. Menurut saya cerpen ini sangat indah dan menonjok sekali alurnya. Diawali dengan kalimat puitis dan diakhiri pula dengan kalimat puitis. Emosi yang dihadirkan begitu kuat sehingga saya merasakan apa yang dirasakan tokoh di cerpen itu. Cerpen ini juga membawa tema patah hati, sahabat baik, orang tua yang selalu mendukung dan impian yang harus selalu dikejar. Perasaan pun diaduk-aduk di cerpen ini. Keren lah pokonya! ^^

Di buku cinta paling rumit ini ada beberapa cerpen absurd dengan imajinasi liar yang tak akan masuk logika. Misalnya ada “Kisah Gagak dan Ayam Hutan” yang bercerita tentang negara ayam hutan yang mulai dikuasai oleh kaum pendatang si Gagak, lalu ada juga “Hantu” yang bercerita tentang seseorang yang cinta sama hantu, selanjutnya ada “Dia yang Dilahirkan dari Kesedihan” yang bercerita tentang perempuan patah hati yang bisa melahirkan ular. Jujur aja, saat menyelesaikan cerpen-cerpen itu saya berkata dalam hati “Apaan sih?” sambil ketawa ngakak. wkwkwkwk Saking gak nyangkanya seorang boy candra bisa membuat cerita seperti ini.

Penasaran selengkapnya? Download linknya ada di bawah ini :

Download Cinta Paling Rumit - Boy Candra

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar