Kamis, 20 Februari 2020

Download Buku pdf Pramoedya Ananta Toer - Mangir

| Kamis, 20 Februari 2020

Mangir


Drama Mangir selesai ditulis Pramoedya pada 1976 berda­sarkan cerita tutur yang masih diingat oleh masyarakat di Jawa Tengah. Lakon tersebut memang tidak tercatat dalam dokumen tertulis keraton yang dirangkum dalam Babad Tanah Jawi (BTJ, versi rangkuman Olthof, Leiden, KITLV, 1987). Banyak cerita tutur lain yang sempat tercatat, seperti lakon-Iakon tentang Jaka Tingkir, yang nantinya bernama Adiwijaya dan menjadi Sultan Pajang. Drama Mangir  sendiri menyangkut Senapati dari Mataram yang berkuasa pada paruh kedua abad ke-16.
Sejarah Mataram dalam penulisan babad dicatat sebagai kelanjutan Pajang. Puncak peristiwa drama Mangir terjadi di keraton Senapati, di negara gung Matanim, yang dikenal sebagai Kota Gede. Dalam sebuah pertemuan keluarga, Senapati menjebak dan membunuh menantunya, Wanabaya, panglima pasukan pertahanan desa perdikan Mangir. Peristiwa dramatic tersebut terjadi di depan mata Pambayun, putri Senapati yang mengandung janin dari perkawinannya dengan Wanabaya. Hadir juga dalam pertemuan tersebut, penasihat Senapati, Juru Martani. Paman Senapati ini, dari pihak ibu, telah membantu Senapati membina Mataram. Sesuai namanya, paman ini menyumbangkan pandangannya sebagai ahli membaca situasi lapangan. Selain mereka, hadir juga sebagai saksi peristiwa tersebut Ki Ageng Pernanahan, ayahanda Senapati, yang tidak lain tokoh pendiri Mataram. 
Ki Ageng Pemanahan tercatat dalam babad sebagai ahli perang. Ini diabadikan pula dalarn ingatan rnasyarakat seperti tereermin pada namanya yang menyebut suatu peralatan perang. Ini juga menunjukkan bahwa pemanahan memiliki kehandalan khusus, yang menernpatkan dia dalarn posisi sosial tertentu di masyarakat Jawa, sebagai pemimpin kaumnya. Sebagai imbalan atas jasanya kepada penguasa Dernak, Pernanahan rnenerirna "hak pakai" untuk membuka-membabat lahan baru di kawasan Matararn. Dari hasil lahan yang dikelolanya, Pemanahan menghidupi keluarga dan pengikutnya. 
Download saja langsung di bawah ini

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar